Propertiland Consulting

Trik Agar Permohonan KPR Disetujui Bank




Tidak semua orang yang mengajukan permohonan KPR dapat disetujui oleh bank. Bank akan sangat berhati hati dalam memberikan pembiayaan kepada seseorang, apalagi jika debitor merupakan orang yang baru pertama kali mengajukan kredit. Permohonan kredit seseorang dapat ditolak dengan alasan sebagai berikut:

Pemohon masih mempunyai cicilan kartu kredit yang menunggak sampai beberapa bulan
Pemohon mempunyai tanggungan pinjaman di tempat lain yang besarnya sampai dengan 30% penghasilan
Pemohon mempunyai reputasi kurang baik dalam hal pembayaran angsuran pada pinjaman yang pernah dilakukan, misalnya sering terlambat membayar angsuran bulanan
Pemohon belum berusia 21 tahun dan belum menikah
Penghasilan pemohon kurang dari tiga kali besarnya angsuran bulanan yang akan dibayarkan nantinya. Khusus terkait penghasilan, bank biasanya akan memberikan keringanan, apalgi jika ada penghasilan lain lain
Pemohon belum bekerja minimal 2 tahun pada pekerjaan yang sama. Pada bank bank tertentu, syarat ini dapat diabaikan.

Sehubungan dengan beberapa hal di atas, perlu dilakukan langkah langkah berikut agar permohonan KPR dapat diterima oleh bank.

Jika pemohon mempunyai pinjaman di tempat lain, khususnya lembaga keuangan yang tercacat di Bank Indonesia, segeralah melunasi pinjaman tersebut. Hal ini mengingat pinjaman yang diberikan oleh semua lembaga keuangan akan melalui proses BI Cheking, sehingga semua bank dapat dengan mudah akan mengetahuinya. Jika belum mempunyai uang tunai untuk melunasi pinjaman tersebut, dapat dilakukan dengan mencari pinjaman saudara atau di tempat lain yang tidak menggunakan BI Cheking, misalnya koperasi, atau lembaga pembiayaan nonformal. Perlu diperhatikan juga jika mempunyai tunggakan kartu kredit, sedapat mungkin segera dibayar.
Jika penghasilan pemohon masih belum memenuhi syarat penghasilan minimal untuk dapat disetujui KPR nya, maka dapat dilakukan dengan memasukan komponen penghasilan lain lain yang tidak masuk ke dalam rekening ke dalam slip gaji. Pemohon dapat meminta Bagian Keuangan di tempat kerja untuk membuat slip gaji yang memasukan komponen penghasilan lain lain sehingga jumlah penghasilan minimal dapat tercapai.
Jika jumlah penghasilan tersebut masih belum cukup untuk dapat memenuhi jumlah minimal angsuran bulanan, maka dapat dilakukan dengan memperbesar uang muka. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu untuk dapat mengumpulkan uang tunai yang diperlukan sedemikian hingga jumlah angsuran bulanan yang harus dibayar masih berada pada angka kurang dari 30% penghasilan bulanan.
Pengajuan permohonan KPR dapat dilakukan ke beberapa bank sekaligus, untuk memperbesar peluang disetujuinya KPR. Sangat dimungkinkan jika satu bank menolak aplikasi KPR, bank lain menerima, mengingat kebijakan internal tiap berbeda dalam menerapkan pembiayaan KPR.Jika permohonan KPR telah disetujui dan pemohon resmi menjadi debitor, maka diusahakan angsuran bulanan dilakukan secara tepat waktu dan tidak perna terlambat sedikitpun. Angsuran yang terlambat walaupun nilainya kecil akan memperburuk citra debitor dan masuk dalam daftar nasabah yang berpotensi bermasalah. Data tersebut telah tersimpan dalam BI Cheking sehingga dapat diketahui oleh semua bank. Efeknya adalah jika kelak mengajukan permohonan kredit di bank lain maupun bank yang sama, bank akan dengan mudah menolaknya




Dilarang menjiplak tanpa ijin dari Propertiland Consulting