Propertiland Consulting

Ganti Rugi Lancar, Tol Bogor Outer Ring Road II B Segera Dibangun

Sebagaimana dilansir dari Kompas, Proyek pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi II B akan segera dimulai setelah ganti rugi pembebasan lahan dibayarkan oleh BPN Kota Bogor, Jawa Barat.

"Pembayaran ganti rugi telah dilakukan Senin (28/11/2016), untuk 32 bidang tanah yang terkena proyek Jalan Tol BORR seksi II B," kata Kepala BPN Kota Bogor, Yulia Nirmawanti, di Bogor, Kamis (1/12/2016).

Pembayaran ganti rugi disaksikan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang menyerahkan secara simbolis kepada warga yang menerima.

Total lahan yang dibebaskan mencapai 219 bidang yang berada di Kelurahan Kedung Badak, Kelurahan Kedung Jaya, dan Cibadak.

"Luas keseluruhan mencapai 4,6 hektar dengan nominal senilai Rp 1 triliun," sebut Yulia.

Menurut Yulia, pembayaran baru diberikan untuk 32 bidang lahan dengan nilai ganti rugi mencapai Rp 150 miliar. Sisanya masih menunggu proses pembayaran dari dana talangan PT Marga Sarana Jabar.

"Prosesnya sekitar dua minggu ke depan," imbuh dia.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan, pembangunan Tol BORR menjadi prioritas pemerintah untuk mengurai kemacetan di jalan Sholeh Iskandar dan Yasmin.

"Kami berterima kasih kepada warga yang mau bekerjasama menyerahkan tanahnya untuk pembangunan jalan tol ini," kata Bima.

Menurut Bima, proses persiapan pembangunan mulai dari pembayaran ganti rugi, berjalan lancar dan berharap jika ada yang belum terselesaikan dapat diproses melalui mediasi.

"Targetnya akhir Desember proyek ini sudah memasuki tahap pembangunan fisik," kata Bima.

Tol BORR seksi II B membentang dari wilayah Kedung Badak dan berakhir di Yasmin. Tahap pertama Tol BORR menghubungkan Sentul hingga Kedung Halang, tahap II A dari Kedung Halang menuju Kedung Badak.